KEBUTUHAN NALURI (Al-Gharizah)&
KEBUTUHAN JASMANI (Hajatul Adlawiyah
Allah SWT telah menciptakan manusia dan
menjadikanya sebagai sebaik-baik makhluk dengan memberikan kepadanya akal untuk membedakan baik dan buruk
dimana Allah SWT telah mengutus rasul-Nya dalam rangka menjelaskan kepada manusia
mana yang baik dan mana yang buruk terhadap seluruh aktivitasnya.
Allah SWT juga telah menciptakan potensi kehidupan (thaqatul
hayawiyah) pada diri manusia, yang berupa :
1.KEBUTUHAN NALURI (Al-Gharizah). Yang terdiri dari :
a. Naluri beragama (Gharizatut Taddayun)
b. Naluri mempertahankan diri (Gharizatul Baqa)
c. Naluri melangsungkan keturunan (Gharizatun Nau’)
2. KEBUTUHAN JASMANI (Hajatul Adlawiyah),yang penampakanya berupa rasa lapar, rasa haus, menghirup udara dan lain-lain.
1.KEBUTUHAN NALURI (Al-Gharizah). Yang terdiri dari :
a. Naluri beragama (Gharizatut Taddayun)
b. Naluri mempertahankan diri (Gharizatul Baqa)
c. Naluri melangsungkan keturunan (Gharizatun Nau’)
2. KEBUTUHAN JASMANI (Hajatul Adlawiyah),yang penampakanya berupa rasa lapar, rasa haus, menghirup udara dan lain-lain.
Perbedaan dalam segi
pemenuhan kebutuhannya, dari kedua potensi kehidupan manusia diatas ialah:
kalau kebutuhan jasmani (Hajatul Adlawiyah) tidak dipenuhi maka akan
mengakibatkan kematian. Namun tidak demikian dengan kebutuhan Naluri
(Al-Gharizah) jika tidak dipenuhi tidak sampai mengakibatkan kematian akan
tetapi hanya menimbulkan perasaan gelisah saja pada diri manusia.
Naluri beragama
(Gharizatut Tadayyun). Penampakannya mendorong manusia untuk mensucikan sesuatu
yang mereka anggap sebagai wujud dari Sang Pencipta, maka dari itu dalam diri
manusia ada kecenderungan untuk beribadah kepada Allah, perasaan kurang, lemah
dan membutuhkan kepada yang lainya. Hanya saja diantara manusia banyak yang
keliru dalam rangka memenuhi kebutuhan naluri yang satu ini. Contohnya diantara
manusia ada yang menyembah berhala, mensucikan pohon keramat, dijawa ada
khurafat “Dewi Sri, Nyi roro kidul”, menyembah sesama manusia dan lain-lain.
Ada kisah orang atheis pun yang katanya tidak mengakui adanya tuhan, toh mereka
juga mensucikan orang-orang tertentu semacam lenin dan stelin. Semua itu
sebenarnya penampakan dari naluri yang memang diberikan oleh Allah SWT sebagai
sang penciptanya. Adanya kebutuhan ini dalam AL-quran telah di isyaratkan.
Allah SWT berfirman:
Dan apabila manusia itu ditimpa kemudaharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan ni’mat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah ia berdo’a (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah : “Bersenang-senanglahlah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka”. (QS Az Zumar 8)
Dan apabila manusia itu ditimpa kemudaharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan ni’mat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah ia berdo’a (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah : “Bersenang-senanglahlah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka”. (QS Az Zumar 8)
Naluri mempertahankan
diri (Gharizatul Baqa). Penampakanya mendorong manusia untuk melaksanakan
berbagai aktivitas dalam rangka melestarikan kelangsungan hidup. Berdasarkan
hal ini maka pada diri manusia ada rasa takut, keinginan menguasai, cinta pada
bangsa dan lain-lain. Adanya naluri ini telah diisyaratkan dalam Al-Quran.
Allah SWT ber firman :
“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagai bagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan kami sendiri, lalu mereka menguasainya ?” (QS Yaasin : 71)
“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagai bagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan kami sendiri, lalu mereka menguasainya ?” (QS Yaasin : 71)
Naluri melangsungkan
keturunan (Gharizatun nau”). Penampakanya akan mendorong manusia melangsungkan
jenis manusia. Sebagai penampakan dari naluri ini, manusia memiliki
kecenderungan seksual, rasa kebapakkan, rasa keibuan, cinta pada anak2, cinta
pada orang tua, cinta pada orang lain dan lain-lain. Adanya naluri ini telah
banyak diisyaratkan dalam Al-Quran. Contohnya rasa suka terhadap lawan jenis,
Allah SWT berfirman:
“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan yusuf, dan yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba kami yang terpilih.” (QS Yusuf : 24)
Tak aneh jika ada beberapa agama yang melarang pengikutnya untuk memenuhi kebutuhan naluri satu ini sehingga banyak pelanggaran2 seksual yang terkuak di berbagai tempat2 yang dianggapnya suci (baca saja : gereja).
“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan yusuf, dan yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba kami yang terpilih.” (QS Yusuf : 24)
Tak aneh jika ada beberapa agama yang melarang pengikutnya untuk memenuhi kebutuhan naluri satu ini sehingga banyak pelanggaran2 seksual yang terkuak di berbagai tempat2 yang dianggapnya suci (baca saja : gereja).
KETERIKATAN PADA HUKUM SYARA’
Setiap muslim yang
hendak melakukan perbuatan guna memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan
jasmani maupun kebutuhan naluri diwajibkan secara syar’i mengetahui hukum Allah
tentang perbuatan tersebut, sehingga ia dapat berbuat sesuai dengan hukum
syara’.Allah SWT telah mengutus rasul-Nya dalam rangka menjelaskan kepada
manusia mana yang baik dan mana yang buruk terhadap seluruh aktivitasnya.
(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul itu.” (QS An Nisa’ 165)
(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul itu.” (QS An Nisa’ 165)
Allah SWT tidak
membiarkan pemenuhan terhadap seluruh kebutuhan tersebut diserahkan kepada
keinginan hawa nafsu dan akal manusia semata. Sebab, hawa nafsu itu umumnya mengajak
kepada keburukan (ammaratum bissu) kecuali yang dirahmati Allah. Demikian pula,
akal manusia sangatlah lemah. Manusia seringkali menyangka sesuatu baik padahal
sebenarnya buruk, demikian sebaliknya. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu
padahal ia amat baik bagimu; dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia
amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,” firman
Allah dalam surat Al Baqarah ayat 216.
Dan setiap perbuatan
manusia akan dimintai pertanggung jawabannya kelak. Begitulah Islam
satu-satunya agama yang haq sebagai solusi bagi diri manusia yang bisa
memuaskan akal, sesuai fitrah manusia dan menentramkan jiwa. Wallahu a’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar